Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , » Alamat, Nama Rubrik dan Jumlah Honor Menulis di Media (Terbaru)

Alamat, Nama Rubrik dan Jumlah Honor Menulis di Media (Terbaru)

Alamat Email Media Masa dalam tulisan ini sudah di up date tanggal 27 April 2013.
****
Ada banyak kesempatan untuk menulis di media sebagai salah satu ajang aktualisasi dan apresiasi di dunia menulis. Hampir semua media menyediakan rubrik untuk publik. Yang paling umum adalah rubrik opini (bisa dengan nama lain untuk sejumlah media), cerpen, puisi, dan resensi buku.

Bagi seorang penulis "alamat email media masa" dan rubrik-rubrik tersebut sangat dibutuhkan. Pengiriman karya melalui email jauh lebih efisien dibanding dengan menggunakan surat pos. Di internet sebenarnya sudah banyak sekali situs yang menyediakan "alamat media", tetapi dari pengamatan saya, masih banyak email media yang tidak dituliskan (sebagian orang ada yang  merahasiakannya karena takut terasingi). Pada postingan ini, saya ingin berbagi berkaitan dengan alamat-alamat email media beserta nama rubriknya. Selain itu juga menyangkut soal berapa honor yang akan diterima jika tulisan kita dimuat. 


Nama media, rubrik, alamat email dan perkiraan jumlah "honor pemuatan artikel" yang tercantum di sini saya tulis berdasarkan sejumlah sumber (salah satunya adalah FB Qadriea Ku Warastra)  dan pengalaman saya sebagai seorang penulis lepas:

Kompas (www.kompas.com)

Kompas termasuk media yang memiliki begitu banyak rubrik untuk masyarakat. Selain opini, ada rubrik lain yang bisa dicoba seperti Teroka dan Teropong. Bedanya, jika rubrik opini muncul setiap hari, rubrik-rubrik lain ada yang tiap satu atau dua minggu. Ada juga rubrik cerpen dan puisi yang muncul setiap hari minggu. Untuk rubrik Cerpen konon sekarang (sampai juli 2011) di asuh oleh Putu Fajar Arcana, sementara untuk rubrik Puisi di asuh oleh Hasif Amini. 
Alamat email: opini@kompas.co.id / kompas@kompas.com / kompas@kompas.co.id. 
"Honor pemuatan artikel" Kompas konon rata-rata di atas satu juta.

Jawa Pos/Indopos (www.jawapos.com)
Ada beberapa rubrik yang bisa dicoba: “opini”, “ruang putih (esai budaya)”, “di balik buku”, “cerpen”, “puisi” dsb..
Alamat email untuk opini: opini@jawapos.co.id. 
Untuk cerpen, puisi, dan ruang putih kirim ke ariemetro@yahoo.com. Untuk resensi kalau tidak keliru kirim ke ttg@jawapos.co.id atau coba dikirim ke ariemetro@yahoo.com danCC ke ari@jawapos.co.id. Dan untuk Rubrik  jawapos For Her, bisa ke alamat ini forher@jawapos.co.id
Resensi buku jangan lupa disertai foto penulis dan cover buku.
Seputar Indonesia (www.seputar-indonesia.com)
Alamat : redaksi@seputar-indonesia.com. Ada Opini (muncul setiap hari). Sayangnya koran ini sudah tidak lagi memunculkan cerpen dan puisi. Hanya tinggal Resensi yang terbit setiap hari Minggu saja). Untuk cerpen kirimkan ke donatus@seputar-indonesia.com /

.
"Honor pemuatan artikel" resensi buku 200 ribu. Honor Opini sekitar 400 ribu.

Lampung Post (www.lampungpost.com):
Untuk Esai Budaya/Sastra dan Puisi: lampostminggu@yahoo.com
Honor pemuatan arikel Opini 200 ribu, Cerpen 200 ribu

Media Indonesia (www.media-indonesia.com):
(Panjang resensi buku maximal 800 kata. Begitu juga dengan Opini. Saat kirim lebih baik semua email dikirimi.
Honor resensi buku dan Opini 400 ribu. Nama Kolom Resensi Buku-nya: Bedah Pustaka)


Ohya, Media Indonesia juga kembali memunculkan rubrik Cerpen dan Budaya yang terbit setiap Minggu. Kirimkan karya anda ke email ini:

Honornya lumayan lho, 700.000 - 1 juta. 

Bisnis Indonesia
(Biasanya tulisan yang nyerempet soal bisnis dan ekonomi. Honor sekitar 300 ribu)

Pikiran Rakyat (www.pikiran-rakyat.com) (Jawa Barat):

Untuk Kolom Opini: opini@pikiran-rakyat.com  
Honor Opini sekitar  300 ribu. 
Honor resensi buku  200 ribu.
Honor Cerpen: 300 ribu
Honor Puisi: 200-300 ribu (tergantung berapa puisi yang dimuat)

Koran Tempo (www.korantempo.com)
Untuk Kolom Opini: koran@tempo.co.id
Untuk Resensi Buku, Esai Sastra dan Puisi kirim ke:
Honor cerpen sekitar 700 ribu, Opini sekitar 600 ribu. Resensi buku honor 400 ribu.

Republika (www.republika.co.id)
Umail utama: sekretariat@republika.co.id . Email tersebut bisa digunakan untuk kirim opini, cerpen. Tapi khusus untuk cerpen karya anda bisa di CC ke email aliredov@yahoo.com. Republika kadang-kadang memuat cerpen juga. Tapi cuma Kadang-kadang, setahun sekali tidak mesti. Ohya, jangan lagi mengirim cerpen/ puisi ke email ahmadun21@yahoo.com, karena dengar-dengar Pak Ahmadun Yosi Herfanda sudah tidak lagi di Republika. 

Direpublika juga ada rubrik Guru Menulis. Kirimkan ke : akademia.republika@yahoo.com dan cc kan ke email utama. 
Kalau cerpen/opininya dimuat kira-kira honornya Rp.400.000, tepatnya 376.000 setelah di potong pajak. Sementara honor rubrik Guru Menulis sebesar kurang lebih 200ribu. Tetapi sayang, ini koran kadang agak lama mengirimkan honor, lebih dari sebulanlah. Tapi, pasti di kirim. Jika belum di kirim silahkn baca artikel saya Cara Mengambil Honor di Media .

Khusus cerpen, dan puisi bisa langsung di kirim ke alamat redakturnya, Bang Ami Herman: amiherman@yahoo.com
Rublik budaya (puisi, cerpen, catatan budaya) muncul setiap hari sabtu, cek saja web-nya, suara karya biasanya disiplin posting.

Nah, Honor pemuatan arikel untuk Cerpen, Puisi dan Opini adalah 150 ribu. Mungkin sudah naik, entahlah.

Suara Pembaruan (www.suarapembaruan.com):
Semua jenis tulisan dikirim ke email itu. Ada Kolom Opini, Resensi Buku, Puisi dan Cerpen. Honor cerpennya 400 rb, puisi 300 rb, resensi 150 ribu (lumayan gede lho, meski tentu dipotong pajak). Dulu ada email budaya@suarapembaruan.com untuk kirim cerpen dan puisi tetapi sepertinya email tersebut penuh dan tak lagi dipakai. 

(Setiap hari ada Kolom Opini (namanya Gagasan) dan resensi buku (Perada). "Honor pemuatan arikel" 400 ribu untuk Opini, Resensi buku 280 ribu. Kalau mau dimuat, biasanya ditelfon terlebih dahulu.

Suara Merdeka (www.suaramerdeka.com)
Email umum: naskah@suaramerdeka.info dan wacana_nasional@gmail.com (untuk opini nasional) dan wacana_lokal@gmail.com untuk opini isu lokal. Sementara untuk cerpen dan puisi kirim ke: swarasastra@yahoo.com 
 
Ini koran Jawa Tengah lho, tetapi sangat terbuka bagi semua penulis dari luar Jateng. Bahkan sebagian besar karya khususnya cerpen dan Puisi didominasi oleh penulis luar Jateng. 
Honor cerpen sekitar 400rb, puisi 300 rb, resensi 200 ribu, opini wacana lokal kayaknya juga 200 rb, dan wacana nasional sekitar 400.000.

Di jawa tengah juga ada tabloid yang namanya CEMPAKA MINGGU INI, terbit setiap jum’at. Ada rubrik cerpen, bisa dikirim ke sontrotku@gmail.com. Honornya Rp.150.000. sayang, tabloid ini tidak ada web nya, jadi kalau tulisan kamu dimuat kadang tidak ngerti. Tapi tetap cantumkan nomor rekening, insya Allah honor tetap dikirim kok. Jika tidak, saya punya nomor bagian keuangannya. Boleh minta kok. :)

Kedaulatan Rakyat (www.kr.co.id)
Tiap minggu menampung cerpen, puisi, cerkak, cerita anak, resensi buku. Yang saya jelas tahu adalah email untuk kirim puisi dan cerpen ke kedaulatan Rakyat, yaitu: jayadikastari@yahoo.com. Nah, Honornyanya biasnaya berbeda-beda, kayaknya redakturnya menentukan honornya. Ada penulis kaya Mahwi Air Tawar cerpennya mendapat honor Rp.400.000, saya sendiri pertama kali puisi dimuat di koran ini dihargai Rp.100.000, cerpen pernah dapat honor Rp.250.000. Tapi sekarang sudah naik. Alhamdulillah. 
Kirim cerpen ke KR jangan panjang-panjang, cukup sekitar 5000 karekter saja. Dan biasanya, KR senang dengan cerpen/puisi dengan tema yang aktual.

KR, meskipun punya situs, tapi tak pernah memposting cerpen dan puisinya. Kenapa ya?

Minggu Pagi 


Kantornya di dekat KR, masih satu group. Untuk mengirim cerpen, puisi, essai sastra dan budaya kirim ke redakturnya, Mas Latief Noor Rochmans (semoga tidak salah tulis): we_rock_we_rock@yahoo.co.id . Emailnya aneh ya, dan memang beliaunya senang lagu rock. Hehe...

Honornya Minggu Pagi sudah naik lho. Cerpen: 150.000, puisi (tergantung berapa puisi yang dimuat), kalo satu kolom untuk puisi diisi hanya puisi kita maka honornya sekitar Rp.100.000. Oya, cara koran yang terbit seminggu sekali tiap Jumat ini menghargai tulisan juga sama seperti KR, masing-masing penulis berbeda2 honornya.

Tabloid NOVA
Email Untuk Kirim Cerpen Ke Nova tidak ada perubahan, masih bisa dikirim kirim ke nova@gramedia-majalah.com. Honornya Rp. 400.000.

HALUAN (Padang)
Cerpen dan Puisi kirim ke nasrulazwar@yahoo.com . Kata Esya Tegar Putra, honornya mencapai Rp.200 ribu. Honor Puisinya Rp. 100.000

Padang Ekspress
Cerpen dan puisi kirim ke: yusrizal_kw@yahoo.com (Padang Ekpress Redaktur) dan ke
cerpen_puisi@yahoo.com. Sejak tahun ini (2013) Padang ekspess penaikkan honor cerpen menjadi 125 ribu.) Bagi kawan-kawan yang dimuat teman yang ada di Padang untuk minta bantuan mengambilkan honornya, karena koran ini jarang2 mentransfer honor penulis. Yang jelas, jangan sampai lupa tanggal pemuatannya.Atau bisa minta nomor bagian keuangannya sama Kawan Yetti AKa. Cari saja FB-nya, beliaunya baik kok. Pasti mau bantu. :)

HARIAN SINGGALANG (Padang)
Honor sekitar Rp. 50.000
Lumayanlah buat beli udud.
:)

Majalah Horison

Kirim cerpen ke Majalah Horison bisa lewat horisoncerpen@gmail.com, honornya 300 rb
Kirim puisi ke majalah horison ke: horisonpuisi@gmail.com, honornya tergantung berapa puisi yang dimuat.
Kalau tulisanmu dimuat di HORISON, maka akan dikirim sampel majalahnya, jadi, sertakan alamat jelas. kadang-kadang honor juga dikirim lewat wesel, jadi tidak nyantumin rekening tidak masalah.

Selain media di atas, ada beberapa media yang saya tidak tahu persis jumlah honornya, tapi sepertinya berkisar di angka Rp.200.000,-. Ini dia:



(Radar Tasikmalaya)





(Redaktur Sastra Radar Tasik)





(Jurnal Medan untuk cerpen dan Puisi)



(Redaktur Analisa untuk cerpen dan Puisi)
Jurnal Nasional
Honor 400.000


JURNAL CERPEN INDONESIA
Memuat cerpen dan artikel:
jurnalcerpen@yahoo.com, jurnalcerita@yahoo.com
Honor sekitar 250.000, mungkin sudah naik.
 
Majalah Alia

Majalah Bobo

Harian Surya Surabaya

Majalah Mayara Surabaya
cerpenmajalahmayara@gmail.com (cerpen, jangan lupa lampirkan foto)

Radar Semarang, Esai untuk Kolom UNTUKMU GURUKU setiap hari Minggu, kirim ke:

Majalah Esquere
redaksi@esquire.co.id (Majalah Esquire)
cerpen@esquire.co.id (Cerpen Majalah Esquire)

Majalah Kartini

Majalah Story,
memuat banyak cerpen remaja, kirim ke:

JOGLO SEMAR:


Honor 150.000

SURABAYA POS:


Rubrik Cerpen: 
 redaksi@surabayapost.info, surabaya_news@yahoo.com, zahira@yahoo.com
  Honor 150rb

RADAR SURABAYA:
Rubrik Cerpen:
Honor Rp. 200.000

BERITA PAGI:
Cerpen:


Honor 100rb

 
 Catatan Tambahan :

1. Untuk Rubrik Opini, secara umum tulisan berkisar 700-850 kata.
2. Tulisan bisa dimuat satu hari setelah kirim, satu minggu, dua minggu atau bahkan dua bulan setelah kirim, umumnya juga tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
3. Selain actual, kenali karakter media dengan sering mengunjungi webnya masing-masing.

Kalau kemudian tulisan kita dimuat, dan honor tak kunjung dikirim, memang tidak ada salahnya kita menghubungi sekretariat atau bagian keuangan media tersebut untuk menagih hak kita. Tapi, yang jelas berkarya ya berkarya.... jangan dipusingkan masalah honor tulisan.

Saya harap anda juga berkenan memberikan tambahan informasi mengenai "alamat email media" dan jumlah "honor pemuatan artikel", karena waktu terus bergulir dan banyak hal yang berubah.

Salam kreatif!

Nb. 
Tentang Cara mencairkan honor tulisan di media anda bisa baca posting berikut:

Cara Mencairkan Honor Tulisan
Ohya, ada blog yang juga mengabarkan informasi lowongan menulis
Silahkan kunjungi saja, semoga bermanfaat. 
Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan. tapi mohon baca juga komentar-komentar sebelumnya ya, barangkali pertanyaan yang ingin anda sampaikan sudah ada jawabannya
terimakasih

168 comments:

  1. syarat kirim cerpen ke jawa pos apa ya ? tolong jawab ya ?

    BalasHapus
  2. syaratnya sama dengan media-media lain. tinggal kirim ke alamat di atas, tulis subyek (cerpen) beri kata pengantar, dan file cerpen plus biodata narasi yang dilampirkan.
    Jawapos bahkan biasanya memuat cerpen yang lebih panjang dari koran-koran lain karena ruangnya kadang2 sampai satu halaman penuh. nah, kalau cerpen anda dimuat, biasanya Redaktur (Mas Arief SAntoso) akan SMS ke Hape Anda. begitu, Saudaraku....

    selamat berkarya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau gak pake kata pengantar itu gimana? saya sudah mengirim beberapa kali namun tidak mencantumkan kata pengantar :( lupa

      Hapus
  3. masih valid email2 nya mas?

    makasih ya infonya

    BalasHapus
  4. insyaAllah masih valid,
    yg tertulis di situ adalah email2 yang terbaru...

    BalasHapus
  5. kabar terbaru: untuk email kirim cerpen ke Jawa Pos, tidak lagi pakai email ariemetro@yahoo.com. sebab, dengar-dengar dari kawan, Mas Arief Santoso sekarang sudah pindah jadi pimred di harian Jogja Raya.

    begitulah...email media terus mengalami perubahan seiring pergeseran para penjaga gawang. harap maklum!

    BalasHapus
  6. Wow! info yang sangat memabntu dan bermanfaat. terima kasih Mas,

    BalasHapus
  7. sangat beeeeeeeermanfaat. makasih!!! ^_^

    BalasHapus
  8. kalau mau ngirim cerpen, puisi dan opini ke kompas, kemana ya mas??

    BalasHapus
  9. alamat pengiriman cerpen atau puisi ke kompas ada ga mas?

    BalasHapus
  10. untuk alamat pengiriman opini, cerpen, dan puisi ke kompas sudah tercantum di atas..opini@kompas.co.id. tapi juga ada yang nyaranin di CC ke opini@kompas.com/kompas@kompas.com.
    salam Mas ANONIM.

    BalasHapus
  11. Terimakasih atas infonya, sangat bermanfaat....mau nanya nih,,,,ada info nggak mengenai berbagai nama redaktur yang mengang sastra di koran -koran itu?...ya gunanya untuk nulis surat pengantar ketika mengirim cerpen lewat email...misal

    Kepada : Myrna Ratna, Redaktur Non Berita Kompas

    BalasHapus
  12. mengenai redaktur koran, ada beberapa yang saya tahu..itu sudah saya sebutkan di atas..
    tapi sebenarnya, penyebutan redaktur saat pengiriman karya tidak begtu penting menurut saya. selain itu, redaktur sastra koran berganti-ganti dan kadang kita ketinggalan informasi. begitu, sahabat. salam erat

    BalasHapus
  13. Rudy Sitohang28 Juli 2011 08.50

    Benar-benar blog sejati mas....Saya mau tanya mas,bukan menyangkut teknis alamat, rubrik dan jumlah honor, melainkan motivasi mas membagikan informasi ini?....Kenapa saya tanya gitu, karena ketika saya masih baru-baru menulis di media,saya sering berkorespondensi melalui email atau fb menanyakan alamat serta persnyaratan menulis cerpen di media. Tapi ternyata penulis yang saya ajak korespondensi itu rata-rata 'pelit' membagikan informasi seperti ini.Saya harus mati-matian mendapatkan informasi seperti ini pada masa lalu.....sukses buatmumu mas...:-))

    BalasHapus
  14. Terimakasih ya infonya sgt berguna untukku, setelah sekian lama berhenti menulis, tiba-tiba aku bersemangat lagi untuk berkarya. Oh ya, bukankah pengiriman via pos lebih di utamakan ketimbang via email(bagaimana menurut anda?), seneng banget kalo di sini juga ditambahin alamat2 kantor dari redaksi...

    BalasHapus
  15. Terimakasih banyak. Info yg sangatsangat brilian.

    BalasHapus
  16. terimakasih Bang Rudi Sitohang...
    Apa motivasi saya membagikan informasi ini tiada lain untuk membantu kawan-kawan penulis, khususnya mereka yang karyanya ingin nongol di media. Saya juga pernah mengalami apa yang dialami Anda Bang Rudi, maka dengan itu saya ingin orang lain tidak mengalami kesulitan yang sama seperti dalam menyebarkan karyanya seperti yang saya alami dulu.
    semoga bermanfaat. terimakasih..

    BalasHapus
  17. Saudara Rieha...
    Terimakasih juga atas kunjungannya...
    Tentang alamat pos media memang sengaja tidak saya cantumkan disini, sebab di era digital seperti sekarang ini sudah SANGAT jarang yang sudi menerimaka karya lewat surat pos. Selain harus mengetik ulang, mungkin juga karena dari segi pengirim karya kian sedikit. Untuk koran kedaulatan Rakyat mungkin masih menerima karya dlm bentuk print out, khususnya resensi buku, cerita anak, geguritan, opini (saya kurang tahu alamat email KR untuk rubrik itu), tetapi kalo untuk cerpen bisa langsung di kirim ke alamat redakturnya. Kompas juga masih menerima karya lewat pos dan biasanya akan dikembalikan jika tidak layak muat. Cempaka Minggu Ini dulu lewat pos tp sekarang lewat email. media-media lain juga begitu. jadi memang lebih efisien (murah dan mudah) dan praktis mengirim karya lewat email ketimbang pos...oya, untuk alamat-alamat media sudah banyak blog/web yang mempublishnya.
    salam

    BalasHapus
  18. terimakasih kembali mas Abd. Rahman...
    salam erat

    BalasHapus
  19. trim's infonya rekan guru......

    BalasHapus
  20. blog yang keren. email medianya sangat lengkap, plus email pribadi editor sastra / budayanya. Semoga sukses dalam berlomba. Percayalah, apa-apa yang Anda posting ini begitu berarti bagi kami-kami yang memerlukan.

    Salam Kemilau

    Herdoni Syafriansyah

    BalasHapus
  21. terimakasih atas kunjungan dan supportnya MAs Herdoni...
    email redaktur memang penting juga untuk diketahui, karena dengar-dengar ada beberapa redaktur yang jarang mengecek email resmi media yang diasuhnya. hehe...
    kemilau pelangi deh...

    BalasHapus
  22. terimakasih sekali atas info ini....

    BalasHapus
  23. kalau ada email yang tidak bisa dikirimi/gagal, mungkin karena email itu penuh/tak dipakai lagi.

    oya, kl ada info lain seputar alamat email media, bisalah dibagikan di sini, biar lebih manfaat. tidak ada sejarahnya orang miskin gara-gara ia senang berbagi.
    salam

    BalasHapus
  24. ada info baru dari lakonhidup.wordpress.com

    Jawa pos bagian “for her” juga menerima cerpen, khusus untuk siswi smp dan sma. E-mail nya jawaposforher@jawapos.co.id

    BalasHapus
  25. terimakasih banyak yaaaa... infonya sungguh membantu :D

    BalasHapus
  26. lalu apa saja yang harus dilampirkan kalau mau mengirim puisi?
    Lalu sekali kirim minimal/maximal berapa judul puisi?

    BalasHapus
  27. Waaaa, Subhanallah, terima kasih. Informasinya benar-benar sangat bermanfaat sekali... :)

    BalasHapus
  28. Saya mau tanya dong, Mas. Kalau mengirim email biasanya isinya apa aja? Maksud Saya tidak mungkin isinya hanya cerpen atau puisi saja, kan?

    Saya juga ingin berbagi informasi. Saya pernah mengirim cerpen ke majalah teen, honornya 400rb. Alamat e-mailnya saya lupa, tapi bisa dikirim ke Jl Guru Mughni No 2, Karet Kuningan, Jakarta 12940

    BalasHapus
  29. apa saja yang harus dilampirkan saat mengirim puisi? jawabannya, sama ketika anda mengirim cerpen/ opini. ditambahi foto malah lebh lengkap. berapa puisi? sebenarnya tidak ada batasan, tetapi standarnya 6-10, kalau puisi itu puisi yang panjang (1/2 atau 1 halaman).
    semoga manfaat.

    BalasHapus
  30. terimakasih sudah berkunjung mbak Ekasati...

    dan tentang isi email, tentu pertama adalah subyek email. kalau kirim puisi maka tulislah, misal, "Kirim 10 Puisi" atau yang lain. kemudian di badan email, tulislah kalimat pengantar, misal, "salam horma, bersama ini saya kirimkan 10 puisi semoga bisa dimuat di Kompas. demikian"
    lalu lampirkan artikel yang akan kita kirimkan dalam satu file yang dibawahnya sudah ada biografi pengarang dan lengkap dengan nomor rekening. jika perlu foto, maka lampirkan pula.
    oya, terimakasih atas tambahan infonya ya...

    salam

    BalasHapus
  31. Mas, tolong kasih info emailnya SM rubrik Opini yang baru ya. Katanya ganti masalhnya. Kata temen wacana.nasional@gmail.com. Bener gak itu? Thnk

    BalasHapus
  32. Mas Heri, sebelumnya terimakasih sudah berkunjung.
    coba nanti saya carikan informasi Mas. setahuku email yang itu, wacana_nasional@gmail.com (pake garis bawah bukan titik)

    salam

    BalasHapus
  33. Oya, kawan-kawan ada tambahan informasi...
    bagi yang berminat kirim cerpen dan puisi ke Harian Joglo Semar (jogja) bisa dikirim ke email berikut: harianjoglosemar@gmail.com

    honornya Rp. 150.000

    salam

    BalasHapus
  34. termah kasih untuk infonya...
    semoga bermanfaat....

    BalasHapus
  35. Sahabat Kunto dan Tnpy, salam ...semoga info itu manfaat dan memacu kita untuk berkarya.t dan memacu kita untuk berkarya.

    BalasHapus
  36. kayaknya akUu harus LebiH semangat Nulis Niii...
    makasih bYk iNfonya sangat membantuu..


    GooD LUck....^^

    BalasHapus
  37. really usefull... thanks anyway... may Allah always bless on every steps u do :)

    BalasHapus
  38. bagaimana kita thu majalah kita susah diterbitkan atau tidak karena disini ada beberapa majalah yang tidak diterbitkan di kota saya ?

    BalasHapus
  39. nah, itu dia gan. ada beberapa majalah yang memang akan mengabarkan kalau karya kita dimuat, seperti Femina, Esquire, Horison dan Ummi (akan mengirim bukti pemuatannya), tadi ada juga yang tidak mengabarkan sama sekali. kl sudah tidak ada yang mengabarkan kalau karya kita dimuat, ya sudah, paling2 kita tidak punya arsipnya, tetapi biasanya mereka tetap mengirimkan honornya.

    BalasHapus
  40. maksih gan
    salm sastrawan indonesia yahya,,,
    aku semakin suka menulis

    BalasHapus
  41. gan misal ditolak dapat balesan emailkah?

    BalasHapus
  42. sekarang, untuk banyaknya karakter dalam menulis cerpen untuk dikirim ke kompas, berapa ya?
    karena, akhir-akhir ini cerpen koming, sering hanya tiga halaman (tidak sampai 10ribu karakter)

    BalasHapus
  43. gmna kalo puisi ditolak,,dikembalikan atau tidak,,,?
    pemberitahuan diterima atau tidak paling lamabat kapan mas?
    yah

    BalasHapus
  44. syukurlah, kian hari kian banyak yang suka nulis. Semisal karya ditolak/tidak layak muat/tidak dimuat, tidak semua koran memberitahukannya. setahuku cuma kompas yang rajin mengirim penolakan karya, itu pun kadang2 tidak. untuk cerpen kompas minggu, maksimal 10 ribu karakter gan. itu kutahu dari balasan email kompas.

    BalasHapus
  45. informasi anda mudah2an bermanfaat buat semua yg memerlukan informasi seperti yang di tulis diatas.terimakasih semoga bermanfaat... buat semua

    BalasHapus
  46. lam kenal, aku hoby nulis ni tapi bagai mana mengetahui kalau tulisan kita dimuat apa tidak ? trus kalau tulisan kita dimuat dan kita tidak mengetahuinya apakah kita tetap akan mendapatkan honor ? terimakasih pencerahanya

    BalasHapus
  47. Terima kasih. Saya simpan alamat-alamat ini dengan rapi, dan mungkin juga akan dilaminating :-)

    BalasHapus
  48. semoga manfaat! salam erat semuanya.

    BalasHapus
  49. Sudah 5 cerpen dan 2 artikel saya telah dimuat Radar Mojokerto (Grup Jawa Pos) tapi satupun tak ada honornya. Tapi kepuasan batin melebihi segalanya bila tulisan dimuat. Makasih Infonya. Kunjungi blog say dong!

    BalasHapus
  50. wah...coba dihubungi bagian sekretariatnya, Mas Haris. siapa tahu ada...

    oya, kawan-kawan, dengar-dengar email Suara Merdeka untuk cerpen dan Puisi sudah ganti, bukan lagi swarasastra@gmail.com, tapi sastra@gmail.com.

    BalasHapus
  51. ,,siiip, atas infonya.
    sjak masih es-de, aku dah nuliiiiiiiiiis terus, tpi kenapa ya, selalu gak mampu nembus koran-koran, suliiiiiiiiiiiiiiiiiittttttttt

    BalasHapus
  52. kirim puisi ke jawa pos, alamat emailnya apa,mas?
    ada yag , dos, satra atau yg mana?
    sblmnya trmksh

    BalasHapus
  53. dulu memang yang dos itu, tapi sekarang sudah ganti yang "sastra"...
    ...

    BalasHapus
  54. Hai..salam kenal. blog mas seperti sebuah jawaban dari doa saya ma kasih ya...

    BalasHapus
  55. Assalamualaikum, terima kasih ilmunya ya mas Guru..

    BalasHapus
  56. oya, ini ada alamat baru:
    Rubrik FOr Her Jawa Pos: kirim ke, jawaposforher@jawapos.co.id
    dan artikel2 koran kedaulatan rakyat bisa juga dikirim ke,
    naskahkr@gmail.com

    Semangat!

    BalasHapus
  57. misalkan saja nih ya, misal lho...tidak harus.
    subyek pesan: cerpen/puisi/opini+judul
    Dibadan pesan, tulis pengantar,
    salam
    bersama ini saya kirimkan bla..bla..bla..
    ....
    untuk naskah artikelnya dilampirkan.
    naskah itu sekaligus memuat biodata dan nomor rekening.
    ____________
    salam karya

    BalasHapus
  58. thanks info nya, tapi sebelumnya ada yang nyaranin langsung ngasih no rekening, tapi ko rasanya ga enak ya, kalu hanya alamat lengkap tanpa no rekekning kira-kira ga apa-apa ya?

    BalasHapus
  59. no rek. langsung dicantumkan nggak apa-apalah....
    redaktur tentu memaklumi...
    salam

    BalasHapus
  60. Ass....
    mas saya punya cerpen ttg kisah TKW,menurut mas saya bisa kirimkan ke redaksi mana yang sekiranya peduli dgn TKW ya? tentunya mas sangat berpengalaman, pls infonya sekalian alamat redaksinya ya. Sukron

    BalasHapus
  61. Tuan Anonim, untuk cerpen tema TKW, sebenarnya bisa dikirim ke mana saja, kalau cerpen itu baik menurut redaktur bisa saja dimuat. Untuk koran biasanya cenderung menyukai cerpen yang kontekstual, Majalah juga, meski tidak semuanya. kalau kebetulan isu TKW sedang naik, maka cerpen tema TKW mungkin lebih berpeluang dimuat, tetapi sekali lagi kualitas karya tetap diperhitungkan. salam

    BalasHapus
  62. Jadi pengen ngirim nih, harus menggali ide lebih dalam lagi nih

    BalasHapus
  63. Alhamdulillah, ada juga orang seperti anda yang berbaik hati mau membagikan info penting terhadap orang lain, semoga Anda diberi rezeki yang berlipat ganda dan tulisan anda lebih banyak dimuat. Amin.

    BalasHapus
  64. Mas Jusuf, infonya sangat berharga lho... bermanfaat banget. boleh izin share / copas kan? tentunya dengan tetap mencantumkan sumbernya http://semuaguru.blogspot.com. ^_^

    BalasHapus
  65. @siska: Amin..amin (agak keras dan menekan) :)
    @Irham: terimakasih, Gus. Monggo kerso kalo mau share. dengan senang hati. semoga tambah manfaat...

    BalasHapus
  66. assalamu'laykum
    situsnya bagus, infonya bagus dan bermanfaat.
    i like it

    BalasHapus
  67. Siip banget tulisannya, nais inpoh

    BalasHapus
  68. kalo horison alamatnya bener yang horisoncerpen@gmail.com???

    BalasHapus
  69. @anonim; yups...itu dia alamatnya.

    BalasHapus
  70. assalamu'alaykum
    mau tanya pak. cara ngirim naskah cerpen, puisi atau yang lainnya bagaimana?
    apakah langsung ngirim naskah ke email redaksi atau basa basi dulu, dan bertanya apakah naskah kita bisa diterima?
    mohon masukannya pak.
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  71. langsung dikirim saja ke email redaksi.
    mungkin cuma perlu pengantar sedikit di badan email, lalu... "semoga karya tersebut bisa dimuat." atau kalimat semacam itu.

    BalasHapus
  72. oh iya. maksih banyakk. :)

    BalasHapus
  73. Mas, sya mau nyak ni, kalo cuman satu atau dua puisi saja itu diterima nggak oleh penerbitnya ?
    n jika puisi saya tidak diterima atau diterima apakah redaksi akan kasih kabar kesaya atau tidak ??
    Mohon bantuannya mas,
    makasih

    BalasHapus
  74. unutuk awal-awal minimal 6 puisilah..
    dua puisi sedikit sekali.. 6 puisi pun belum tentu dimuat semua. redaktur biasanya akan memilih yang terbaik dan sesuai halaman yang tersedia.
    kl naskahmu tidak layak terbit ada redaktur memberitahukan dan banyak yang tidak.
    maka, sering-sering cek versi cetaknya/lewat websitenya.

    BalasHapus
  75. ooooo...
    minimal 6 y ..
    jadi gmn dengan cerpen ??
    minimal juga 6 ????

    BalasHapus
  76. hemmm...
    satu sajalah kl cerpen.

    BalasHapus
  77. Klu koran Harian Analisa di Medan kira2 tau gak honor /artikelnya mas..??

    BalasHapus
  78. slm knal Pak...
    Seandainya sya sudah krm cerpen ke koran A. Ternyata tdk ada pmberitahuan kalo tdk dimuat. Lantas cerpen tsb sya krm ke koran B.
    Nah... itu hukumnya bgmn, Pak?

    Khoirul N.

    BalasHapus
  79. Terimakasih infonya..., dan jika boleh postingkan tip menulis opini dan cerpen yang baik

    BalasHapus
  80. @ferry: wah, ane kurang tahu, Mas.
    @Nur Banin: boleh saja Mbak, tapi ditunggu dulu minimal 3 minggu. mungkin juga dimuat, tetapi kita tidak diberitahu. salam

    BalasHapus
  81. Mass mw nnyak niii
    Klw mislnya crpen kta dah di muat tpi msih via online dn mnggu dpan akn di publikasikan...
    Bgaimna dgn honornya?
    Apkh tu tdk di byar, krna ni kli prtmnya sya mngirim ke redksi tu dn dtrima. Tpi smpai saat ni tdk ad bcra tntg hnor

    BalasHapus
  82. very good job brother
    mantaff

    www.hendriklim.com

    BalasHapus
  83. very good
    mantap bro
    salam
    hendrik lim
    www.hendriklim.com

    BalasHapus
  84. Pak, terima kasih untuk infonya. Ini masih valid kan pak sampai sekarang? Terima kasih.

    BalasHapus
  85. Info nya sangat bermanfaat pak :D
    jadi semangat nulis lagi :)
    terimakasih info nya ^^
    salam kenal :)

    BalasHapus
  86. artikel yg bagus ulasannya mas, dan ini yg saya cari selama ini karena ulasannya cukup detail dan juga kalau bisa sekalian bagi teman2 yg suka dengan film box office ampe blu silakan kunjungi situsnya ya, karena itu terima kasih buat admin disini juga dan keep blogging he, makasi gbu

    BalasHapus
  87. mau nanya Pak. untuk email yg jawa pos itu apakah benar masih valid dn merupakan yang terbaru,untuk email sastra@jawapos.co.id. terima kasih..
    salam kenal infonya bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  88. @diaz: nah, itu dia. email kirim tulisan untuk koran memang selalu ganti2. terimakasih sudah mengingatkan. kabarnya, mas Arief Santoso sudah kembali lagi ke JP dan mengasuh rubrik budaya dan resensi. jadi emailnya mungkin kembali ke ariemetro@yahoo.com.

    BalasHapus
  89. makasi infonya ya ^^ saya masih murid, jd makin semangat buat nulis ^^

    BalasHapus
  90. Kemarin saya kirim ulasan tentang fenomena suro ke media Indonesia, pemberitahuan dimuat atau tidaknya sampai berapa hari ya? Tanggal 12 November saya juga mengulas suro dengan tulisan yang berbeda ke jawapos, kapan media tsb memberitahukan bahwa artikelnya dimuat? kalo tidak dimuat, apa ada pemberitahuan jg ya Pak?

    BalasHapus
  91. @Miss Terios, sebaiknya anda cek korannya langsung, untuk memastikan dimuat atau tidak. Redaktur tidak selalu (dan bisa dikatakan sering) memberi tahu apakah karya kita dimuat atau tidak. atau bisa melalui e-pappernya, ini untuk Media indonesia. JP juga ada e-pappernya tapi berbayar.

    BalasHapus
  92. wah,infonya sangat bermanfaat :D
    main ya gan ke tempat ane
    ardirahman.blogdetik.com

    BalasHapus
  93. bang, kalau menulis satu puisi / cerpen lalu di kirimkan ke beberapa alamat di atas itu boleh nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba baca komen2 di atas. sepertinya pernah dijawab.

      Hapus
  94. mas, e-mail yg aktif untuk jawa pos sekarang apa ya?
    visit yuk sabilaaf.blogspot.com ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. email yang tercantum di atas yang aktif.

      Hapus
  95. mas, saya mau ngirim buku puisi karya saya,
    alamat email terbarunya apa ya..?

    BalasHapus
  96. info yang langka...
    sekedar nambah...untuk mengetahui tulisan di rubrik Opini dan Gagasan Jawa Pos bisa dicek di http://m.jawapos.com/opini

    BalasHapus
  97. mw tnya meh mas, ql karangan qt d trima,,
    bagaimana dgn honornya?
    apakah ada pemberitauan atau begaimana??
    tolong d bantu ya mas

    BalasHapus
  98. saya mau menanyakan bagaimana kita mengetahui kalo opini kita diterbitkan dikoran ato majalah??
    trus masalah honor nya gimana?? ditransfer atau gimn??
    mohon penjelasan thanks.......

    BalasHapus
  99. Mas,sayakan masih pelajar,dan tdak punya no rekening,trus klo mw ngirim karya,llu di muat,honornya di kirim dr mana dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pakai rekening bapaknya, atau saudara anda. beberapa media juga mengirimkan honor lewat wesel pos.

      Hapus
  100. makasih infonya Kak, sangat bermanfaat. izin copas ya :)

    BalasHapus
  101. kak, kalo ngirim artikel ke kompas honornya berapa ya? trus biasanya dikirim lewat apa honornya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di atas sudah ada rincian honor kompas. biasanya kirim lewat transfer bank!

      Hapus
  102. saya mau tanya , kalau karya yang sudah dimuat kita bisa tau dari mana yah ? makasih

    BalasHapus
  103. Salam kenal. Manfaat banget infonya. Ijin copas ya pak.

    BalasHapus
  104. makasih banyak ya kak, bermanfaat banget. :D

    aku mau nanya. kalau misalnya kita mau ngirimin karya berupa komik atau karikatur, gimana?
    soalnya ada beberapa koran yang komik dan karikaturnya dikit, bahkan gak ada. misalnya aja padang ekspress.
    kalau aku bisa kirim karya secara rutin kan, bagus.

    BalasHapus
  105. Thanks atas share infonya.Moga kian barokah dan manfaat

    BalasHapus
  106. saya mau nax setiap saya kirim kealamat2 diatas pasti balasannya selalu fulure notice dari mielerdaimon@yahoo.com #klog'slh. Aku kirimnya lewat 'lampirkan file' aku udah coba yg .rtf txt. Doc. Tapi tetep sma jawabannya. Terus kalo' langsung copy paste tulisannya juga jawabannya sama. Itu kenapa yah?? Mohon jawabannya lewat fb(evit juwita) atau tweet(99_21ok) terimakasih mohon blsannya pliss karna butuh banget alasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, itu saya tidak begitu tahu. tapi bisa jadi karena email penerima tidak lagi terpakai atau penuh. tapi masa' alamat-alamat email di atas sebagaimana anda katakan. saya sudah mencoba banyak email dan tetap terkirim. ohya, anda kirim ke email apa, boleh tahu? atau coba anda ganti email baru. siapa tahu kemudian bisa berhasil. tx

      Hapus
  107. Saya mau nanya nih. Majalah Horison menerima kiriman Cerpen Anak nggak?
    Kalau bisa, tolong kasih tahu Media yang menerima Cerpen Anak.
    Oh iya, Jurnal Nasional websitenya apa ya?

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horison tidak menerima cerpen anak. untuk ruang Kaki langit menerima karya guru dan siswa SLTA. banyak kok yang mau menampung cerita anak. Kompas, KR, solopos, majalah bobo, Suara merdeka, dll. jurnas ada di www.jurnas.com

      Hapus
  108. Wew! Infonya lengkap banget nih. Izin copas, Mas, buat disimpen di folder. Biar kalo mau ngirim tinggal tengok. Hheee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya masih belum begitu lengkap sih. ya silahkan, semoga bernamfaat.

      Hapus
  109. menyesal baru bisa membaca blog ini,,
    sangat bermanfaat buat saya . terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah, biasa saja Mbak Ristiana. sama-sama ya

      Hapus
  110. mas apa alamat-alamat email buat ngirim cerpen itu ada pembaruan untuk sekarang ? tolong info alamat email terbarunya ya mas, makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini terakhir di update tgl 27 april, dan sejauh ini, setahu saya, belum banyak yang berubah. kalau pun ada, mungkin hanya satu dua. dan saya tidak tahu. tx

      Hapus
    2. ini terakhir di update tgl 27 april, dan sejauh ini, setahu saya, belum banyak yang berubah. kalau pun ada, mungkin hanya satu dua. dan saya tidak tahu. tx

      Hapus
    3. ehm iya makasih ya mas, oh iya format ngirimnya gimana ya mas ? cerpennya dalam bentuk MS.Word? terus apa aku harus ngelampirin biodata juga ?

      Hapus
  111. mas apa alamat-alamat email buat ngirim cerpen itu ada pembaruan untuk sekarang ? tolong info alamat email terbarunya ya mas, makasih :)

    BalasHapus
  112. bisa minta tolong._.? saya ingin mengiim cepren saya ke alamt email yg tertara, kok kgk ada yg ngebalas? apa ada perubahan email? tolong dibantu

    BalasHapus
  113. Jarang, sangat jarang, redaktur/sekretariat media yang membalas kiriman email dari para penulis. Jadi bukan berarti emailnya sudah tidak berlaku.

    BalasHapus
  114. Saya mau tanya, kalau tulisan yang kita kirim ke media-media di atas itu boleh ga kita posting juga di blog pribadi kita? mohon jawabannya, terimakasih :)

    BalasHapus
  115. @anna: alangkah baiknya tidak diposting dulu. setelah dimuat barulah kita bisa memostingnya...

    BalasHapus
  116. Maaf mas, e-mailnya jawa pos yg sastra@jawapos.co.id apa masih berlaku?
    Kalau tidak, apa alamat e-mailnya yg masih aktif?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk cerpen, puisi, resensi, dan ruang putih jawa pos, bisa kirim ke ariemetro@yahoo.com. setahuku itu, karena redakturnya kembali dipegang mas arief santoso.

      Hapus
    2. kirim cerpen atau resensi buku Jawapos bisa pula ke email ini: ari@jawapos.co.id

      Hapus
  117. mas mau nanya kalau mengirim opini di koran republika itu apa aj yang biasanya di cantumkan di dalam opinbi tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. naskah Opini, dibawahnya cantumkan biodata singkat narasi, dan nomor rekening. kalau perlu lampirkan foto.

      Hapus
  118. maaf,kmarin aku ada telfon dari kompas,tapi kata sekertaris ndak dapet honor,aku kan blom tau sebelumnya dapet honor apa enggak,ternyata di blog tmn2 yng crita ada honor,,
    setelah nomor tlfon yang kmaren hubungi aku hubungi lagi ndak di angkat,ndak jelas pokoknya,,!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, saya kurang tahu apakah ada opini kompas yang tidak ada honornya. setahu saya opini biasanya dapat honor. coba telpon lagi, bisa ganti telpon yang lain, trus minta disambungkan ke bagian keuangan.

      Hapus
  119. mas, buat ngirim opini di lampung post emailnya yang mana yang valid, soalnya ada 1 yang tidak valid

    BalasHapus
  120. kalo ngirim ke media massa di atas memang harus disertakan nomor rekeningnya juga ta?

    BalasHapus
  121. thanks ya sharenya, saya masih pemula jadi membantu banget. saya mau tanya, kalo ngirim naskah itu emangnya cuma ngirim naskah doang atau sama data-data diri juga? kaya nama, alamat,no.hp, atau no.rek gitu? tolong dijawab ya :) thanks before

    BalasHapus
  122. @furqon, @Chang: iya, sertakan nomor rekening juga untuk pengiriman honor jika tulisan kita dimuat. dibawah naskah (masih satu file) sertakan juga biodata diri dalam bentuk narasi sekalian nomor rekeningnya.

    BalasHapus
  123. kalo gak ada nomor rekening gak bisa dapet honor nya
    ya mass?? soal nya disini masih minim atm,, adapun lokasi nya jauhh,,

    BalasHapus
  124. lw mw ngirim puisi k majalah gmna cara ny ea..?

    BalasHapus
  125. caranya kurang ngerti...
    heheheheh

    BalasHapus
  126. terus itu cara ngirim di kompas gimana. aku bingung.

    BalasHapus
  127. gimana ini cara ngirimnya di kompas & tempo....
    bingung banget aku...

    BalasHapus
  128. mau tanya bang,
    resensi buku untuk suara pembaruan n koran jakarta terbit tiap hari apa ya?
    trimakasih.

    BalasHapus
  129. @inna: ya sama saja caranya dengan ngirim ke media lain.
    @surya: kalau tidak salah sabtu atau minggu.

    BalasHapus
  130. numpang tanya, nomor rekening langsung disetakan saat mengirim atau tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, disertakan dalam satu file. jadi urutannya begini: karya (cerpen, puisi, opini, atau apalah), biodata, nomor rekening. tidak perlu sungkan atau malu. redaktur sudah paham dan maklum kok.

      Hapus
  131. maaf mas, untuk email2 tersebut masih aktif sampai sekarang??

    BalasHapus
  132. mas email nya da vailid sy mt email yg baru donk tuk ngirim opini ny,

    BalasHapus
  133. mas saya sudah kirim beberapa email. ada beberapa email yang sudah gak aktif. terima kasih atas infonya mas.. salam kenal

    BalasHapus
  134. terima kasih atas informasinya
    sungguh bermanfaat artikel ini..thanks for share
    suspensi mobil

    BalasHapus
  135. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Coboy Junior

    BalasHapus
  136. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Coboy Junior

    BalasHapus
  137. terima kasih! bermanfaat sekali!

    BalasHapus
  138. terimakasih infonya, bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  139. makasih ya kak buat infonya yang sangat membantu

    BalasHapus

Terimakasih sudah memberikan masukan/tanggapan lewat kotak komentar.