Resensi, Sinopsis, dan Ulasan Novel Laskar Pelangi

Resensi Novel Laskar Pelangi
Resensi Novel Laskar Pelangi - Novel ini bercerita tentang kehidupan 10 anak yang sekolah di SD dan SMP Muhammadiyah di pulau Belitong. Mereka adalah Ikal, Lintang, Sahara, Mahar, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek, Trapani, dan Harun. Mereka semua berasal dari keluarga miskin. Sekolah mereka digambarkan sangat memprihatinkan, bahkan nyaris roboh. Tetapi kehidupan dan sekolah yang sangat terbatas tidak membuat mereka putus asa, melainkan justru bersemangat. Mereka dididik oleh seorang guru yang gigih dan sangat penyayang, yaitu Bu Muslimah. Karena kesenangan mereka melihat pelangi Bu Muslimah kemudian menyebut mereka dengan Laskar Pelangi.

Novel dibuka dengan penggambaran SD Muhammadiyah yang terancam akan tutup jika jumlah siswa yang mendaftar kurang dari 10 anak. Situasi mendadak tegang karena baru ada 9 anak yang mendaftar. Untunglah Harun dan ibunya datang untuk mendaftarkan diri di sekolah kecil itu. - sinopsis laskar palangi

Dari situlah kemudian cerita berkembang. Berbagai peristiwa, mulai dari perkenalan 10 anak itu, proses pembelajaran di dalam dan luar kelas, mengayuh sepeda puluhan kilo meter untuk beli kapur, juga pertemuan Ikal dengan A Ling, gadis Tionghoa yang menjadi cinta pertamanya.

Salah satu tokoh yang mendapat perhatian di novel ini adalah Lintang. Lintang adalah anak yatim dari ayah seorang nelayan miskin. Tetapi Lintang memiliki kecerdasan seperti Einstein. Perjuangan yang harus dilaluinya untuk tiba di sekolah sungguh berat, karena harus bersepeda puluhan kilometer jauhnya. Berkat kecerdasan Lintang pulalah SD dan SMP Muammadiyah berhasil memenangi lomba cerdas cermat. Tetapi kemudian, kisah sedih menimpa keluarga Lintang. Ayahnya meninggal dunia dan sebagai lelaki tertua ia harus mengurus adik perempuannya. Lintang sendiri mengundurkan diri dari sekolah sebelum tamat SMP.

Dalam novel ini juga dikisahkan tentang kemiskinan yang hampir merajalela di Belitong, sementara alamnya begitu kaya dengan timah. Ternyata tambang-tambang timah yang ada di Belitong semuanya telah didominasi oleh PN Timah. Akibatnya nasib warga Belitong seperti tikus yang kelaparan di lumbung padi. Pada perkembangannya, dikisahkan, akhirnya PN timah yang membuat rakyat miskin dihancurkan dan sekarang rakyat Belitong bisa kembali menikmati tambang mereka yang puluhan tahun dieksploitasi.

Akhir novel ini menceritakan tentang anggota laskar pelangi yang memiliki masa depan cerah. Namun SD-SMP Muhammadiyah sudah tidak lagi ada, dan Bu Muslimah mengajar di SD negeri 6 Belitong Timur. Sementara Ikal, tokoh utama dalam novel ini, mendapat beasiswa ke Universitas Sorbonne, Paris. Itulah ringkasan laskar pelangi

Ulasan Novel Laskar Pelangi


Dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ini, kita akan menemukan banyak istilah dan teori sains. Nama-nama besar sererti Isac Newton, Albert Einstein, Adam Smith, bahkan Bang Haji Roma Irama juga bisa kita temukan dalam lembaran-lembarannya. Meskipun terkadang istilah dan teori-teori sains tidak disertai catatan kaki atau keterangan tertentu, tetapi hal itu sama sekali tidak menganggu. Terlebih lagi di lembaran-lembaran akhir terdapat glosarium yang menjelaskan isitilah-isitlah tersebut.

Sains di tangan Andrea telah begitu padu dengan bahasa sastra sehingga membuahkan sebuah karya fiksi yang enak dibaca sekaligus memperkaya wawasan pembaca. Novel Laskar Pelangi memang tidak bisa dilepaskan dari latar belakang penulisnya. Kita tahu bahwa Andrea adalah seorang lulusan Master of Economic Science dari Univerisite de Paris, Sorbonne, Prancis, dan Sheffiled Hallam University, United Kingdom, dengan beasiswa dari Uni Eropa.

Selain itu, Andrea juga dikenal sebagai orang yang begitu mencintai tanah kelahirannya, Belitong. Ia begitu detail menceritakan setting dan alam pikir orang Melayu di Belitong  dengan wawasan saintifik yang sangat meyakinkan.

Terbitnya Laskar Pelangi telah memunculkan banyak fenomena. Selain telah terjual lebih dari 1 juta copy, Laskar Pelangi juga telah terbit di dua puluh negara, yaitu Brasil, Korea Selatan, Malaysia, China, Taiwan, Vietnam, AS, Australia, Selandia Baru, India, Pakistan, Banglades, Sri Lanka, Nepal, Jepang, Jerman, Belanda, Spanyol,  Italia, dan Turki. (Kompas, 19 Juni 2012)

Tahukah kamu, mengapa novel Laskar Pelangi begitu diminati? Karena di dalamnya mengandung sesuatu yang baru, sesuatu yang sebelumnya belum digarap oleh penulis-penulis lain. Apa itu? Selain gaya saintifik-nya, Andrea juga memunculkan metafor-metafor yang cerdas, meski kadang-kadang berlebihan. Caranya dalam menggambarkan detail-detail peristiwa, cerita yang menyentuh, dan humor-humor yang kocak telah menambah novel ini kian memikat.

Novel Laskar Pelangi merupakan buku pertama dari Tetralogi Laskar Pelangi. Buku kelanjutannya adalah Sang Pemimpi (2006), Edensor (2007) dan Maryamah Karpov (2008). Ajaibnya, novel Laskar Pelangi tercatat sebagai buku sastra Indonesia terlaris sepanjang sejarah.

Demikianlah artikel Resensi dan Ringkasan Novel Laskar Pelangi, semoga bermafnaat. http://www.tintaguru.com/

Judul  : Laskar Pelangi

Pengarang     : Andera Hirata

Penerbit        : Bentang

Tebal            : xxxiv, 529 halaman

Tahun Terbit  : 2005

 Berikut adalah Sinopsisnya

keyword:
sinopis novel laskar pelangi
teks ulasan novel laskar pelangi
ringkasan novel laskar pelangi
contoh resensi novel laskar pelangi
resensi laskar palangi
sinopsis laskar pelangi

baca dan download novel laskar pelangi dari google book

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
Anonim
28 April 2016 23.41 delete

ulasanya lengkap saya suka , jadi lebih faham

Reply
avatar
5 Februari 2017 16.34 delete

Keren nih novel udah baca tapi blom tamat hehe

Reply
avatar