Inilah Hasil UKG 2015 dan Bagaimana Tindak Lanjut UKG

Hasil UKG 2015 dapat dilihat di web resmi. Ya, UKG 2015 memang cukup menyita perhatian guru-guru Indonesia. Ini cukup terbukti dengan meningkatnya grafik pencarian untuk keyword tersebut. Banyak guru yang penasaran, terutama bagi yang belum pernah mengikuti UKG. Ada juga yang penasaran, untuk apa sebenarnya UKG, bagaimana jika nanti mendapapat nilai buruk alias tidak lulus, dan ada pula yang sudah menyiapkan diri untuk berlatih contoh soal UKG dan mendownload kisi-kisi UKG.

Sebelumnya saya menulis bahwa guru yang tidak lulus UKG akan mendapatkan kenikmatan berupa diklat. Tetapi sungguh, saya tidak bermaksud mendoakan agar anda tidak lulus. Saya menulis dengan gaya yang berbeda dengan tulisan-tulisan saya yang lain, yang tujuannya selain agar guru-guru tidak terlalu tegang menghadapi UKG, juga agar guru-guru bisa tetap tersenyum di tengah banyak tekanan, tidak terlalu memikirkan pengumuman UKG.

Inilah Hasil UKG 2015 dan Bagaimana Tindak Lanjut UKG

Hasil UKG 2015



Kalau kemudian muncul isyu bahwa nantinya nilai UKG ini akan digunakan untuk memvonis guru-guru yang nilainya buruk dengan menganggapnya sebagai guru tidak layak mengajar, ini sangat tidak tepat. Menilai guru deengan test, dan memvonisnya dengan hasil test, sama saja dengan Ujian Nasional. Kelulusan hanya ditentukan oleh test yang cuma beberapa hari saja.

UKG bagus untuk dilaksanakan dan memacu guru untuk juga belajar sehingga tahu apa saja pekerjaannya, dan bagaimana ia semestinya mengajar, meski hanya pada ranah teori. Nah, sekali lagi, TEORI. Bagaimana prakteknya? We don’t no. Bukankah banyak sekali orang pintar, tetapi tindakannya tidak sesuai? Lalu, mau menilai guru berdasar UKG, apa pantas? Hanya negara yang bisa menjawab ini dengan cemerlang.

Silakan petakan kemampuan teori guru dengan hasil UKG, tapi jangan petakan kualitas guru dengan hasil UKG.

Pengumuman Hasil Nilai UKG 2015


Selamat menyambut UKG 2015. Silakan belajar, berlatih, berdoa, dan terapkan teori-teori pendidikan dan materi yang anda ajarkan itu dalam kehidupan anda sebagai guru.

Semoga semuanya dimudahkan, dan lulus dengan nilai yang baik. Apakah anda lulus? Silakan lihat hasil UKG 2015 di web Resmi Kemdikbud berikut:

Cek Hasil UKG 2015 di: http://sergur.kemdiknas.go.id/. Dulu Info dari panitia UKG pertama kali memang gitu. Tetapi, ternyata, setelah buka situs tersebut tidak dimunculkan hasil nilai UKG). Ya, mungkin karena untuk UKG online nilainya akan otomatis keluar setelah guru selesai mengerjakan 80 soal. Jadi, anda dapat nilai berapa? Ceritakan dong pengalaman mengikuti UKG.

Hasil Nilai UKG 
Siapakah peraih hasil nilai UKG Tertinggi? Jelas saya akan jawab, "bukan saya. sumpah, Demi Allah bukan saya. Anda jangan asal nuduh ya!" Lalu siapa? Kasih tahu nggak ya?

Yang nilainya tinggi bolehlah dibeberkan, tapi yang nilainya masih belum tinggi upsss, mending disimpan di hati saja. Nggak apa-apa, namanya saja ujian. Coba yang bikin soal, gantian jawab pertanyaan-pertanyaan yang anda buat, bisa jadi nilainya tambah buruk.

SIAP UKG Kemenag 2015


Nilai Tertinggi UKG 

Dari lebih dari dua juta guru yang ikut UKG, belum ada yang mendapat nilai sempurna, demikian dilaporkan Pak dirgen GTK Kemdikbud. Sementara ini nilai tertinggi UKG justru berasal dari SMA di Papua Barat sana, Sorong tepatnya, yakni pada mata pelajaran bahasa Jerman dengan nilai 93,33. Mantap kan. Tapi ada yang lebih tinggi dari nilai itu, yakni guru Cirebon dengan nilai UKG 96,67. Wow!

KKM UKG


berapa nilai kriteria ketuntasan minimal UKG atau KKM? Setahu kami, berdasarkan berita-berita yang kami baca, bahwa KKM UKG adalah 5,5, bukan 7. Jadi, untuk mendapatkan nilai mencapai KKM segitu apakah sulit? Tergantung. Guru yang belum terbiasa dengan tes online mungkin akan deg-degan, sehingga meski sebenarnya ia menguasai kompetensi profesional-nya, deg-degan bisa mempengaruhi pikiran.

Perlu diketahui bahwa UKG sebenarnya bukan untuk pertama kalinya digelar. Pada tahun sebelumnya, Kemendikbud dan kemenag juga sudah menggelar ujian bagi para guru dan Kepala Sekolah. Dari hasil nilai UKG yang sudah diadakan didapatkan hasil rata-rata UKG sebesar 4,7. Untuk UKG Tahun 2015 ditargetkan para guru dapat mencapai nilai rata-rata nilai UKG 5,5, dan pada tahun 2019 rata-rata kompetensi guru 8,0. 

Yeah, kalau guru menargetkan nilai siswa biasanya ada Les, bahkan bimbingan khusus. Tapi entahlah dengan tindak lanjut UKG tahun ini. Kalau tidak ada tindak lanjut apa-apa, bisa diperkirakan nilai ukg ya akan segitu-gitu saja.

UpDate:

Hasil Nilai UKG 


Ada berita baru di laman kemdikbud.go.id. Telah diumumkan hasil ukg 2015 yang ternyata nilainya...ya begitulah. dari sekian propinsi, diambil 7 propinsi dengan peraih nilai UKG Tertinggi. Mana saja propinsi tersebut? Tujuh provinsi tersebut adalah DI Yogyakarta (62,58), Jawa Tengah (59,10), DKI Jakarta (58,44), Jawa Timur (56,73), Bali (56,13), Bangka Belitung (55,13), dan Jawa Barat (55,06).

Nilai yang diraih 7 propinsi tersebut merupakan nilai yang mencapai standar kompetensi minimum (SKM) yang ditargetkan secara nasional, yaitu rata-rata 55. Rata-rata nasional hasil UKG 2015 untuk kompetensi pedagogik dan profesional itu adalah 53,02. Selain tujuh provinsi di atas yang mendapatkan nilai sesuai standar kompetensi minimum (SKM), ada tiga provinsi yang mendapatkan nilai di atas rata-rata nasional, yaitu Kepulauan Riau (54,72), Sumatera Barat (54,68), dan Kalimantan Selatan (53,15). Lebih lengkap anda bisa lihat di ini: (http://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/01/7-provinsi-raih-nilai-terbaik-uji-kompetensi-guru-2015)

Baca juga info terkait UKG Kemenag 2015

Demikian pengumuman hasil UKG 2015. Semoga membantu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 comments

comments
16 November 2015 11.02 delete

saya guru b.inggris sd tapi saat UKG harus mengerjakan soal UKG B.inggris jenjang SMP. jenjang yang yang tidak pernah saya terlibat didalamnya. karena sejak 10 tahun lalu saya mengajar b. inggris di SD.Terang saja materi - materi KD -KD smp banyak yang tidak saya pahami
Bagaimana kedepannya? seandainya ada diklat apakah diklat jenjang guru SMP???

Reply
avatar
17 November 2015 11.00 delete

aku lulus broo UKG English SMP...... nilai ku 6,33
meski banyak yang salah menjawab.... tapi aku puas...menjawab dengan hanya menalar...jadi ga perlu persiapan yang terlalu kaya mau ujian....anggap saja pertanyaan tentang kegiatan sehari2 kita dikelas... + kemampuan akadermis terkait pelajaran yang diampu... :)
klo dijadikan beban..malah banyak yang salah....

Reply
avatar
30 Desember 2015 19.27 delete

ukg mantap, memacu Guru untuk terus mengembangkan kemampuannya secara terus-menerus sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan kepada peserta didik...Bravo UKG

Reply
avatar
31 Maret 2016 05.36 delete

Saya guru IPA SMP tapi saat saya menjawab soal soal UKG terus terang soalnya teralu tinggi jenjang SMA tidak ada dimateri saya sehari ahri jadi saya jawabnya dengan nalar hasilnya tidak memuaskan ,mudah mudahan tahun ini soalnya agak nyambung dengan materi IPA SMP

Reply
avatar
2 April 2016 09.50 delete

Saya jadi lulus kuliah Tahun 2000 langsung menghonor s.d 2006 dan 2006 jadi guru PNS, Tahun 2013 jadi Kepala Sekolah. ketika UKG 2015 mapel PKn SMP, saya merasa masih banyak belajar lagi karena soal yang mudah malah lupa menjawabnya, akhirnya saya hanya benar menjawab soal PEDAGOGIK 25 DAN PROFESIONAL 50, nilainya 75 saja di Kab. Tanah Bumbu Kal-Sel. Mudahan ketika UKG berikutnya lagi menjadi lebih baik, amin...

Reply
avatar