UKG Kemenag 2015, Dapatkan Kisi-Kisi dan Latihan Soalnya

Pedoman UKG 2015 - Uji kompetensi guru atau UKG tahun 2015 akan dilaksanakan antara 9 sampai dengan 27 November 2015 di daerah masing-masing (kabupaten/kota). Tidak hanya PNS, tetapi guru Non-PNS (yang sudah punya NUPTK), juga pengawas dan Kepala Sekolah juga wajib mengikuti UKG yang Pelaksanaan secara online.

Lalu apa tujuan dilaksanakannya UKG? Jangan-jangan sertifikasi yang sudah diterima bisa distop gara-gara nilai UKGnya rendah? itulah yang dikhawatirkan oleh para guru. 

Anda tahu, standar nilai UKG 2015 minimal 5,5 bagi, dan mesti ditingkatnya setiap tahunnya hingga mencapai nilai 8,0 pada tahun 2018/2019 nanti. Nilai UKG konon tidak mempengaruhi berhenti atau tidaknya tunjangan sertifikasi. Lalu apa fungsinya?

Tujuan UKG 2015


Tujuan UKG 2015 adalah untuk memetakan kualitas guru, yang nantinya dijadikan bahan pertimbangan guna pengambilan kebijakan yang berkaitan dengan kenaikan pangkat, promosi jabatan, kebutuhan diklat, dan lain sebagainya. 

Nantinya, hasil atau nilai UKG akan dibedakan menjadi beberapa tingkatan, yakni sebagai berikut: 
Level 1 (untuk peraih nilai 1-10), level 2 untuk peraih nilai 21-30), dan level 3 untuk peraih nilai 31-40

Sementara itu untuk soal UKG akan dibedakan menjadi dua kelas untuk guru-guru SD, yaitu soal untuk guru kelas bawah (1-3) dan soal untuk guru kelas tinggi (4-6). Sedangkan untuk guru Mapel di SMP, SMA, dan SMK soalnya disesuai dengan mapel yang diampunya.

Untuk Apa UKG 2015

Karena sifat UKG adalah wajib maka bagi guru yang tidak mengikuti UKG secara otomatis tidak terdaftar di Dapodik. Nah, hal inilah yang nantinya bisa berdampak pada pembayaran tunjangan profesi maupun untuk mengikuti sertifikasi guru. Dikabarkan, untuk tahun yang akan datang, syarat utk mengikuti sertifikasi pendidik maupun mendapatkan tunjangan profesi hasil UKG-nya minimal 6,0. 

Sebagai bahan persiapan mengikuti UKG 2015, silakan diunduh Petunjuk Pelaksanaan UKG 2015 berikut. File Petunjuk untuk Semua Guru sertifikasi maupun non sertifikasi, pns maupun non pns. Unduh di sini: Petunjuk Pelaksanaan UKG 2015

AYO BERSIAP MENGHADAPI UKG.
Beberapa link berikut ini mungkin penting anda kunjungi:

Kumpulan SOAL UKG Terlengkap

Kumpulan SOAL UKG Terlengkap

SIAP UKG Kemenag 2015


Demikian, tintaguru menyambungkan kabar Wijaya Kusuma dalam statusnya di FB. Semoga bermanfaat. 

UKG KEMENAG 2015

UKG KEMENAG 2015

Lalu bagaimana dengan UK guru-guru Madrasah? Kapan dan bagaimana pelaksanaan ukg kemenag? Kita tunggu saja. (Lihat link tersebut, sudah ada info UKG Kemenag 2015)

Tidak terasa tinggal sebentar lagi UKG tiba. bagaimana perasaan anda? saya mah biasa saja. Pilih mana, lulus atau tidak lulus? tentu saja ini berbeda dengan pertanyaan, pilih surga atau neraka? ya kan. Lulus UKG belum tentu jaminan surga, dan tidak lulus UKG juga belum tentu neraka. Tapi sepertinya lebih banyak ingin lulus UKG ketimbang harus ikut diklat karena tidak lulus.

27 November guru di bawah naungan kemdiknas selesai melaksanakan UKG, tinggal yang belum, maka akan dilakukan UKG susulan. Nah, pada Desember 2015 gantian Guru-guru Madrasah akan melaksanakan Ujian kompetensi guru. Siapkan diri anda, wahai guru kemenag. Semoga semuanya bisa dihadapi dengan mudah dan tetap ikhlas dalam beramal. Lihat Informasi lengkap UKG Kemenag 2015

pengunjung datang dengan kata kunci:

soal ukg online 2015
ukg kimia sma
soal ukg 2015 guru kelas
soal ukg sd 2015
soal ukg kewirausahaan
contoh soal ukg mapel ipa smp
soal ukg pedagogik smp
soal ukg kelas tinggi tentang perkembangan moral
ukg kewirausahaan smk 2015
soal ukg online seni rupa sma
soal ukg kompetensi pedagogik
mengidentifikasi teori belajar dalam penjas orkes
latihan soal ukg fisika sma

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »