Kisi-kisi, Materi dan Prediksi Soal UKG Kemenag 2015

UKG Kemenag 2015 sebentar lagi akan dilaksanakan. Kapan? Bulan Desember 2015. Tanggal berapa? Nah, itu dia. Setahu saya sih desember ada 31 hari, jadi pelaksanaan UKG Kemeterian Agama akan berlangsung sekitar tanggal 1 sampai dengan 31 Desember 2015.

Pengumuman UKG Kemenag sendiri sudah ditetapkan erdasarkan surat yang ditandatangi oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Prof. Dr. Phil Kamaruddin Amin, M.A. Dalam suratnya, Guru besar lulusan Jerman tersebut memeritahukan tentang pelaksanaan UKG Guru Madrasah.

UKG Kemenag 2015, Pelajari Teknis, Kisi-kisi, dan Soal


ukg kemenag 2015

SIAP UKG KEMENAG 2015



Ada beberapa phoin penting dari surat dirjen pendis nomor bla..bla..( lihat sendiri ya, jika perlu unduh) terkait ukg kemenag 2015.


ukg guru madrasah

Download surat Dirjen Pendis Terkait UKG Kemenag 2015

Tujuan UKG Kemenag


Bahwa UKG Kemenag dilaksanakan dalam rangka pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk guru. Karenanya dirasa penting untuk dilakukan UKG sebagai bahan pemetaan kompetensi secara detail yang menggambarkan kondisi objektif guru, baik kompetensi pedagogiknya maupun kompetensi profesionalnya. Kalau itu sudah diketahu maka nanti bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan. Mungkin saja guru-guru dengan nilai UKG yang rendah akan diberikan diklat, dan itu bagus. Tapi jangan mudah percaya dengan berita-berita yang judulnya menakutkan, bahwa guru dengan nilai UKG rendah akan distop sertifikasinya, akan dikantorkan, akan dimutasi ke daerah terpencil. Sebagai guru, tentu kita tidak mudah terpovokasi.

Peserta UKG Kementerian Agama

Ternyata, UKG Kemenag 2015 tidak mengikutkan guru madrasah yang mengajar mapel PAI dan Bahasa Arab. UKG Kementerian Agama 2015 hanya diikuti oleh guru RA, MI, MTs, MA yang mengajar mapel selain PAI dan Bahasa Arab (maaf saya ulangi, biar jelas), sesuai dengan bidang studi sertifikasi dan atau sesuai dengan kualifikasi akademiknya dan terdaftar di SIMPATIKA (sistem Informasi pendidik dan tenaga Kependidikan Kementerian Agama).

Jadwal UKG Kemenag Online

Jika merujuk surat edaran dirgen pendis, dikatakan dalam surat itu bahwa jadwal ukg kemenag dilaksanakan pada bulan Desember 2015. itu saja.

Dari isi surat tersebut, muncul beberapa pertanyaan, meski sebenarnya sudah tersirat dan tersurat. Misal, apakah Guru Honorer Kemenag juga wajib mengikuti UKG? Bagaimana dengan guru yang tidak terdaftar di SIMPATIKA, belum memiliki NUPTK misalnya? Di surat edaran hanya dijelaskan bahwa guru yang masih aktif mengajar (Non PAI dan Bahasa Arab) dan terdaftar di SIMPATIKA. Jadi Guru Honorer yang aktif mengajar saya kira juga wajib mengikuti UKG, apalagi sudah sertifikasi. Lalu guru yang belum memiliki NUPTK? Ini yang kita masih belum tahu pasti. Yang jelas, peserta UKG akan ditetapkan melalui keputusan Dirgen Pendidikan Islam sebagai pelaksana UKG Kemenag 2015.

Apa Perbedaan UKG dan UKA Kemenag 2015

uka kemenag 2015

UKG tentu berbeda dengan UKA Kemenag. UKA adalah ujian kompetensi Awal, di mana dulu dijadikan syarat bagi guru yang hendak mengikuti Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) sebelum diberikan menjadi guru sertifikasi. Untuk tahun ini UKG akan diikuti oleh guru yang sudah sertifikasi maupun yang belum. 

Lalu soal-soalnya apakah mirip dengan UKA Kemenag? Bisa jadi. 

Soal dan Kisi-Kisi UKG Kemenag 2015

Setelah surat edaran itu muncul Guru-guru madrasah kini mulai bersiap, mempelalajari teknis UKG, dan membaca kisi-kisi UKG Kemenag (jika ada) dan berlatih soal ukg online 2015.

Update: Kisi-kisi UKG Kemenag untuk guru mapel selain bahasa arab dan PAI tidak jauh berbeda dengan kisi-kisi yang dibuat oleh kemdikbud. Bahkan, dugaan saya soal UKG Kemenag dan UKG Kemdiknas juga sama. Inilah kenapa UKG Guru PAI belum dilakukan, karena persiapan untuk soal, kisi-kisi dan lainnya masih belum rampung. Sementara untuk soal guru selain PAI dan Bahasa Arab bisa menggunakan soal yang digunakan kemdikbud. Baiklah, silakan download kisi-kisi SOAL UKG berikut.

Link download kisi-kisi ukg


Kisi-Kisi SOAL UKG Kemenag 2015



Lihat juga:

Kumpulan Soal UKG Depag 2015

Kumpulan Soal UKG 2015
Soal UKG MI
Contoh Soal GAT PLN (yang ini nggak ada hubungannya sama sekali dengan UKG)

kata kunci:


  • ukg kemenag jawa timur
  • ukg guru kemenag sumbar
  • ukg sertifikasi guru kemenag
  • ukg untuk guru kemenag
  • ukg kemenag kab malang
  • ukg di lingkungan kemenag
  • jadwal ukg online kemenag
  • soal ukg online kemenag
  • soal ukg pai kemenag
  • sekitar ukg pai kemenag
  • kisi-kisi ukg pai kemenag
  • contoh soal ukg pai kemenag
  • jadwal ukg kemenag jatim
  • jadwal ukg kemenag jateng
Update:

Pendaftaran UKG Kemenag

Untuk tata cara pendaftaran UKG Kemenag anda bisa login ke Simpatika, yang beralamat di simpatika.kemenag.go.id. Kemudian lihat masuk (login) PTK. Setelah itu anda tinggal masukkan nomoor NUPTK atau jika belum punya bisa menggunakan Peg.id dan pasword kependidikan anda.

Selanjutnya akan muncul laman baru lalu pilih menu PTK. Terakhir, akan keluar registrasi calon peserta UKG 2015/2016. Anda jangan buru-buru keluar. Simpanlah data tersebut dengan klik simpan. JIka proses anda sudah sesuai maka akan muncul pemberitahuan, "Anda sudah terdaftar". Emmm, mungkin sebaiknya anda juga tanyakan kepada operator sekolah, terutama juga anda lupa pasword untuk login.

Itulah tadi beberapa infomasi terkait dengan UKG Kementerian Agama 2015. Untuk lebih jelasnya, silakan download petunjuk teknis UKG Kemenag 2015. Salam

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
27 Desember 2015 19.27 delete

Artikelnya keren2 pak...nmpg lwt ya..kumpulan puisi cinta, religi, anak dll klik http://rinespuisi.blogspot.com

Reply
avatar