Contoh RPP 2013 dan Cara Membuat RPP dengan Mudah

RPP atau yang kerap di kenal dengan Rencana Proses Pembelajaran merupakan salah satu administrasi penting bagi sebagian guru. Kenapa saya katakan sebagian, karena kenyataannya banyak juga guru yang menganggap bahwa RPP bukan sesuatu yang penting. Terlebih lagi ketika RPP hanya dijadikan sebagai administrasi semata, maka RPP kehilangan ruh atau maknanya.

Untuk menyusun RPP sendiri tidak boleh sembarangan. Sudah ada aturannya. Saya pernah bertanya kepada senior saya, kenapa RPP harus begitu ribet, harus memenuhi unsur-unsurnya sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional itu? Jawabannya kurang lebih begini, “Ya namanya juga aturan. Kalau kamu beli handphone misalnya, coba lihat panduan pengguna. Buka kotak, pasang baterai, tekan tombol on. Sebenarnya kamu kan nggak butuh panduan macam gitu, wong kamu sendiri sudah sangat paham. Kita bisa tidak mempedulikan aturan pengguna itu, tetapi menggunakan cara lain. Ya tho?”

Cara Membuat RPP

Contoh RPP 2013 dan Cara Membuat RPP dengan Mudah


Iya juga ya. Di langkah-langkah pembelajaran RPP misalnya, ada keterangan misal, guru membuka dengan salam, guru membuka pelajaran dengan bacaan doa, menanyakan kepada siswa tentang pembelajaran yang lalu, dan sebagainya. Bukannya itu sudah sangat biasa bagi seorang guru, kenapa pula harus dibuat begitu detail. Tapi begitulah yang namanya RPP.

Bentuk atau susunan RPP itu sendiri ternyata berbeda-beda, tergantung kurikulumnya. Ketika KTSP digunakan muncullah RPP KTSP, lalu ada tambahan lagi, RPP KTSP Berkarakter (maksudnya RPP yang didalamnya ada muatan pendidikan karakter), lalu setelah Kurikulum 2013 digulirkan kini mulai marak dengan RPP K13.

Tulisan ini akan lebih ditujukan untuk membahas RPP yang lagi ngetrend itu, yakni RPP Kurtilas. Beberapa pertanyaan yang akan diulas dalam tulisan ini antara lain:

Apa Pengertian RPP dan Bagaimana aturan membuat RPP?

Komponen apa saja yang harus ada dalam RPP?

Bagaimana cara membuat RPP, khususnya RPP Kurikulum 2013?

Terakhir, saya akan memberikan contoh RPP Kurikulum 2013. Untuk contoh RPP K13 sendiri sudah sangat banyak. Anda bisa melihat dan mendownload contoh RPP Kurtilas di link biru itu.

Karena sepertinya tulisan ini akan menjadi tulisan panjang, maka saya akan membaginya menjadi beberapa posting. Postingan ini adalah postingan yang pertama dari beberapa bagian yang akan saya ulas. Anda tahu, ketika menulis beginian, sesungguhnya saya juga sedang belajar tentang apa yang saya tulis. Tapi ini bukan yang pertama saya menulis tentang RPP, sebelumnya saya pernah mengulas tentang Perbedaan RPP KTSP dan RPP Kurtilas. Silakan anda simak artikel tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
10 September 2017 20.10 delete

terimakasih kak artikelnya sangat membantu saya.

Reply
avatar