Contoh Lengkap RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017


RPP Revisi 2017 – Ganti menteri ganti kebijakan? Ganti menteri ganti aturan? Ganti menteri ganti kebijakan? Dikiranya mengganti ini dan itu di dunia pendidikan semudah membalikkan sendok makan. Perubahan memang suatu keniscayaan, tetapi sudah sepatutnya pemimpin memperhatikan banyak faktor, serta akibat dari kebijakannya.

Perubahan kurikulum sudah beberapa kali terjadi, dan sepertinya, yang paling tidak jelas adalah kurikulum 2013. Barangkali konsepnya bagus, tetapi konsep yang masih setengah matang itu kemudian direvisi dan direvisi sehingga membingungkan. Yang terjadi adalah multi tafsir dalam memandang aturan. Belum selesai kita berkutat pada kurikulum revisi 2013 yang baru, sudah muncul edisi revisi, lalu muncul lagi revisi tahun berikutnya, dan berikutnya. Sampai sekarang. Tidak hanya buku yang berubah, tetapi juga aturan-aturan tentang penilaian, dan pembuatan RPP.

Contoh Lengkap RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017

Tidak apa-apa. Toh pak menteri tidak merasakan bagaimana guru dirundung kebingungan. Tinggal rapat, lalu stempel. Aturan biar bawahan yang menjalankan.

Maka, mau bagaimana lagi, sebagai bawahan, ujung tombak pendidikan, guru mesti segera menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan yang ada. Syukur kalau pengawasnya masih mau menerima apa-apa yang sudah lama, atau bahkan pengawasnya tidak tahu perubahan macam mana lagi yang terjadi.

Tulisan ini hanya akan mengulas perubahan RPP K13 revisi 2017, yang sedang hot (istilah ini nanti juga mesti dimunculkan) dalam RPP. Baiklah, sebelum nanti akan diberikan contoh bagaimana pembatan RPP K13 revisi 2017, perlu disingung dulu tentang apa saja yang berubah.

Poin penting RPP Revisi 2017

rpp revisi 2017

RPP Revisi 2017 mesti memunculkan 4 hal berikut, yakni:

  • PPK, 
  • Literasi, 
  • 4C, dan 
  • HOTS 

Istilah-istilah itu saja banyak yang masih bingung kan? Tak apa. Mari kita kupas satu-satu.

PPK (Penguatan Pendidikan Karakter)

Dalam RPP Revisi 2017 guru mesti Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran, yang meliputi 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas atau 7 Karakter untuk mapel IPS dari 18 Karakter prioritas. Nanti kita lihat di contoh biar lebih enak ya. Tidak usah pusing dulu.

Literasi

RPP mesti mengintegrasikan literasi dan menginsert literasi baik sebelum, ketika dan sesudah pembelajaran dilaksanakan. Apa itu literasi? Bukan sekadar kemampuan membaca dan menulis. Tetapi secara luas dan dalam konteks sekolah, literasi diartikan kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara.

Literasi bisa dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy).

4 C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);

empat ketarampilan tersebut dipentingkan ada untuk menghadapi tantangan era digital. Pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar 3. Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill)

RPP revisi 2017 juga mesti Mengintegrasikan HOTS atau kemampuan berpikir tingkat tinggi Level. Pertanyaan-pertanyaannya bukan lagi, sebutkan, apa, di mana, siapa, tetapi sudah jelaskan, hubungkan, simpulkan, bagaimana. Kira-kira begitulah. Mengajak siswa untuk berpikir yang lebih berat, yang dengan hanya nyontek sudah selesai. Tetapi HOTS mengajak siswa untuk berpikir aktif dan kreatif.

Bagaimana format RPP revisi 2017. Silakan lihat di sini (Format RPP Kurikulum 2013).

Okelah. Ketimbang harus menjelaskan banyak hal yang agak njlimet, kita bisa belajar langsung dari contoh RPP yang sudah dibuat yang mengacu pada RPP Kurikulum 2013 revisi 2017. Entah siapa yang memmbuat pertama kali RPP ini, tetapi saya percaya, bukan Pak Menteri.

1. Contoh RPP Kimia revisi 2017 
2. Contoh RPP PKn REvisi 2017
3. Contoh RPP Bahasa Indonesia revisi 2017
4. Contoh RPP Matematika Wajib revisi 2017
5. Contoh RPP Sejarah Indonesia revisi 2017

Demikian tulisan senam jari berkaitan dengan Contoh Lengkap RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017. semoga bisa membantu atau mungkin menghibur.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »